Assistant Accounts and Administrative Officer, LACUNA project

Ringkasan Pekerjaan
-
Tingkat pendidikan: D3,S1
-
Gender: Laki-laki/Perempuan
-
Umur: Tidak ada ketentuan
-
Tipe pekerjaan: Full time
-
Pengalaman kerja: 2 – 3 tahun
-
Besaran gaji: -
-
Lokasi: Bogor, Jawa Barat
-
Tanggal diposting:
-
Tanggal kedaluwarsa: 2024-09-20
Tentang Organisasi
RECOFTC adalah organisasi nirlaba internasional yang bekerja untuk masa depan di mana masyarakat tangguh dengan hak-hak yang dihormati tumbuh subur di lanskap hutan yang mereka kelola secara berkelanjutan dan adil. Kami mengambil pendekatan jangka panjang, berbasis lanskap dan inklusif untuk mendukung masyarakat lokal untuk mengamankan hak-hak mereka atas tanah dan sumber daya, menghentikan deforestasi, menemukan mata pencaharian alternatif dan mendorong kesetaraan gender.
Kami memiliki lebih dari 37 tahun pengalaman bekerja dengan masyarakat dan hutan dan telah membangun hubungan kepercayaan dengan mitra di semua tingkatan. Sebagai perantara yang tepercaya dan jujur, kami menempati posisi yang berbeda sebagai organisasi internasional yang mendukung, menginformasikan dan menyatukan pemerintah, masyarakat, bisnis, akademisi dan organisasi masyarakat sipil. Inovasi, pengetahuan dan inisiatif kami memungkinkan negara-negara untuk mendorong tata kelola hutan yang baik, mengurangi dan beradaptasi dengan perubahan iklim, dan mencapai Tujuan Global PBB.
RECOFTC beroperasi di kawasan Asia-Pasifik, dengan kantor program negara di Kamboja, Indonesia, Laos, Myanmar, Nepal, Thailand, dan Vietnam.
RECOFTC Indonesia sedang mencari Assistant Accounts and Administrative Officer untuk Proyek Lacuna. Jabatan ini terbuka untuk warga negara Indonesia dan menawarkan kontrak selama 12 bulan. Kemungkinan perpanjangan tergantung pada ketersediaan dana proyek dan kinerja yang memuaskan.
Tentang proyek
RECOFTC Indonesia tengah melaksanakan proyek “Memajukan Pemetaan Kelapa Sawit dengan Kehutanan Sosial dan Pembelajaran Mesin”. Didukung dan dikelola oleh Meridian Institute, yang bertindak sebagai Sekretariat Lacuna Fund, inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas data dan meningkatkan kualitas data bagi masyarakat lokal di sejumlah wilayah utama di Sumatra dan Sulawesi. Proyek ini berfokus pada sejumlah masyarakat, termasuk masyarakat Betara di Jambi, masyarakat Pelalawan di Riau, dan sejumlah masyarakat di dekat taman nasional di Sulawesi.
Secara khusus, proyek ini menargetkan masyarakat Barugae, Cenrana Baru, dan Rompegading di dekat Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Sulawesi Selatan, serta masyarakat Tamalaea di dekat Taman Nasional Gandang Dewata di Sulawesi Barat. Bekerja sama dengan mitra inti kami, Spatial Informatics Groups (SIG), proyek ini akan mengembangkan kumpulan data yang komprehensif untuk meningkatkan pemahaman dan mendukung upaya mitigasi terkait dampak alih fungsi hutan, khususnya budidaya kelapa sawit, terhadap hutan dan perubahan iklim di Asia Tenggara.
Tugas dan tanggung jawab
Asisten Akuntan dan Petugas Administrasi akan menjadi anggota tim Indonesia, yang bekerja di bawah pengawasan Petugas Akuntan dan Administrasi.
Peran ini bertanggung jawab untuk meninjau dokumen pendukung pengeluaran, memelihara catatan keuangan dan akuntansi terkini untuk proyek-proyek RECOFTC Indonesia, dan memberikan dukungan administratif kepada tim Indonesia.
Tugas dan tanggung jawab spesifiknya meliputi:
- Meninjau dokumen pengeluaran proyek bulanan dari lapangan untuk memastikan dokumen tersebut akurat dan lengkap.
- Memantau pengeluaran terhadap rencana anggaran terperinci untuk kantonmen target dan mitra proyek menggunakan spreadsheet Excel.
- Menyimpan catatan keuangan untuk pembayaran di muka, menindaklanjutinya, dan melaporkan setiap uang muka yang masih terutang kepada Petugas Akun dan Administrasi.
- Melacak dan melaporkan penyelesaian faktur yang terutang terkait dengan proyek.
- Mengelola dana kas kecil proyek dalam Rupiah Indonesia, melakukan ringkasan pengeluaran bulanan, dan melakukan rekonsiliasi bank.
- Merekonsiliasi dana proyek dengan saldo bank setiap bulan.
- Membantu proses audit internal dan eksternal untuk RECOFTC Indonesia dan para donornya.
- Mengatur logistik untuk rapat, lokakarya, dan perjalanan staf.
- Mengadakan barang, perlengkapan, dan layanan sesuai dengan kebijakan RECOFTC, donor, dan proyek.
- Memelihara sistem pengarsipan dan mengelola surat dan dokumen resmi terkait proyek.
- Memastikan bahwa perlengkapan kantor dan proyek yang cukup tersedia.
- Melakukan tugas tambahan sebagaimana diberikan oleh Petugas Akun dan Administrasi dan manajer proyek.
Kualifikasi dan pengalaman
Asisten Akuntansi dan Administrasi harus memiliki kualifikasi dan pengalaman penting berikut.
Penting
- Diploma atau gelar sarjana di bidang akuntansi, keuangan, manajemen bisnis atau bidang terkait
- Minimal dua tahun pengalaman kerja dalam kapasitas yang sama, lebih disukai di organisasi nirlaba
- Pemahaman terhadap peraturan akuntansi, ketenagakerjaan dan audit di Indonesia
- Pengetahuan dan pengalaman dalam aplikasi sistem dan produk untuk pemrosesan data seperti SAP
- Keterampilan komunikasi lisan dan tertulis yang baik dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
- Kemahiran dalam aplikasi Microsoft Office
- Kemampuan untuk menjaga kerahasiaan
- Pendekatan berorientasi pada orang dan hasil
- Kewarganegaraan Indonesia
Diutamakan
- Keterampilan pemecahan masalah yang sangat baik
- Kemampuan bekerja secara mandiri dengan pengawasan minimal
- Pengalaman dengan persyaratan dan prosedur donor
- Keterampilan komunikasi interpersonal yang kuat, baik secara individu maupun kelompok
- Kemampuan untuk bekerja secara efektif sebagai anggota tim yang aktif
Nilai-nilai inti RECOFTC
Di RECOFTC, nilai-nilai inti kami adalah fondasi budaya kami dan menjadi panduan dalam semua pekerjaan kami. Selain keterampilan dan pengalaman khusus pekerjaan, pelamar harus memiliki karakteristik, sikap, dan keterampilan berikut:
- Merangkul inovasi
- Beradaptasi dan belajar dari tantangan
- Memupuk komitmen, tanggung jawab dan kepemilikan
- Berkolaborasi dengan mitra dan pemangku kepentingan
- Berkomitmen pada keberlanjutan
- Mengembangkan partisipasi, kesetaraan gender dan inklusi sosial
- Prioritaskan kesejahteraan
Cara melamar
Kandidat yang berminat dipersilakan untuk mengirimkan CV dan surat lamaran. Surat lamaran harus menjelaskan mengapa kandidat merasa cocok untuk posisi tersebut, mencantumkan ekspektasi gaji, dan memberikan informasi kontak terkini untuk tiga orang pemberi referensi, termasuk atasan sebelumnya. Lamaran dapat diajukan dengan mengklik "Lamar Sekarang"
Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi. RECOFTC menawarkan paket kompensasi yang kompetitif.
RECOFTC berkomitmen untuk tidak mendiskriminasi dan memberikan kesempatan yang sama. Pelamar tidak akan didiskriminasi berdasarkan suku, agama, usia, kewarganegaraan, disabilitas fisik, orientasi seksual, identitas gender, warna kulit, status perkawinan, kondisi medis, atau klasifikasi lain yang dilindungi oleh nilai-nilai dan kode etik RECOFTC.
Akomodasi yang wajar dapat diberikan untuk memungkinkan pelamar penyandang disabilitas yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam proses lamaran. Jika Anda memerlukan akomodasi khusus, harap beri tahu Sumber Daya Manusia RECOFTC secara tertulis pada saat melamar. Kandidat yang berhasil akan dipilih berdasarkan prestasi.